Tentang Kami

Sejarah Berdiri

Lembaga pendidikan adalah tempat yang memiliki fungsi mendidik putra-putri bangsa secara terencana, dinamis, dan kreatif; yang dilaksanakan secara holistic serta profesional edukatif. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita pendidikan nasional secara umum dan lembaga pendidikan tersebut secara khusus, serta anak didik secara optimal. Fungsi mendidik para siswa dilakukan dalam rangka mengembangkan, membina, dan meningkatkan potensi, kompetensi, dan bakat peserta didik.

Pengelolaan lembaga pendidikan sepatutnya dilakukan dalam/dengan kerangka-kerangka ilmiah, edukatif, dan relevan untuk mengembangkan dan meningkatkan peserta didik secara optimal, serta sekaligus menjadikan tolak ukur keberhasilan penyelengaraan fungsi dan lembaga pendidikan.

Sebagai seorang pendiri Bapak Dr. H. Edy Susanto,MH,MM,MA yang sangat peduli terhadap pendidikan telah lama memberikan sumbangsih pada Negara Republik Indonesia ini dengan mendirikan Sekolah Tinggi ilmu Hukum IBLAM program Sarjana dan Pasca Sarjana.

Kecintaan dan kepedulian terhadap masalah pendidikan tidak berhenti sampai disini, pada 10 Mei 2005, oleh notaris B. Wirastuti Puntaraksma,SH. bertempat di jalan Raden Sanim No 100, Tanah Baru Beji Depok mendirikan Yayasan Tunas Iblam yang bergerak pada bidang pendidikan, sampai saat ini Yayasan Tunas Iblam telah memiliki dua lembaga Taman Kanak–Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD)

Pendirian Yayasan Tunas Iblam ini  dilatar belakangi oleh  semakin pesatnya  perkembangan era globalisasi  yang meliputi perkembangan tekhnologi  informasi dan  budaya hidup yang tentunya  sangat berpengaruh pada perkembangan  dan pertumbuhan anak didik, selain itu badan penyelenggara  menaruh harapan bahwa  kelak anak-anak Indonesia  mampu bersaing di era global  internasional dan  menjadi pemimpin yang memilki  wawasan luas, berfifir kritis  dan berwasan luas seperti  yang di pesankan oleh Rasulullah SAW ’Didiklah anak-anakmu  dengan pendidikan yang baik , karena  kelak ia akan hidup  dijaman yang berbeda denganmu“.

TUNAS  IBLAM mengimplementasikan kurikulum  nasional, sebagaimana SD NASIONAL PLUS TUNAS IBLAM mengimplementasikan kurikulum  dengan memperhatikan peraturan pemerintah  yang mengatur standarisasi  kurikulum 2013 (K-13) dengan berbagai pengayaan pembelajaran tematik dan dengan melakukan beberapa pendekatan scientific antara lain: Active Learning, Moving Class, Cooperatif and Colaborative learning dengan dinamika kelompok  yang menunjang joyfull learning, shingga anak  menikmati pembelajaran  dalam full Day School.

Selain itu di Tunas Iblam juga di terapkan pembelajaran dengan sistem semi pesantren  dengan program Biiah Islamiyah yang meliputi : Adzikro, Mengaji pagi, Pendidikan Agama Islam/ Dirosah Islamiyah, Tahfiz Alqur’an dengan terget minimal 1 juz  dalam 1 tahun yang di integrasikan  kedalam proses pembelajaran  dikelas maupun di masjid.

PLAY GROUP DAN TAMAN KANAK-KANAK TUNAS IBLAM mengimplementasikan kurikulum nasional  yaitu kurikulum 2013. Selain dari itu Tunas Iblam juga melakukan  proses pembelajaran  Be One  Center And Circle Time (BCCT) dengan penekanan  pada metode  pembelajaran yang berpusat  pada anak  dan pembelajaran yang  menyenangkan ( Joyfull learning ).

VISI TUNAS IBLAM

“Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran Yang Unggul”

MISI TUNAS IBLAM

Religius – Nasionalis – Berwawasan Global – Penguasaan TIK – Ramah Linkungan

Ketua Yayasan Tunas Iblam

Kata Sambutan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji hanyalah milik Allah SWT, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, shahabat dan seluruh pengikutnya yang istiqomah di jalan Islam.

Sekolah dibangun dengan mimpi besar yaitu mencerdaskan kehidupan masyarakat Indonesia, tentunya tidak sekedar hanya mimpi, kami terus-menerus untuk mencapai harapan besar kami. Melalui dunia pendidikan dari tingkat dasar inilah kami sangat yakin bahwa kualitas bangsa ini akan segera terbentuk, yaitu suatu masyarakat pembelajar (learning society).

Allah SWT berfirman dalam QS. Al Mujadalah ayat 11 yang maknanya “bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat”. Sejalan dengan ayat tersebut, memasuki era global yang penuh dengan kompetisi, ummat ini membutuhkan tampilnya generasi robbani yang berakidah mantap, berakhlak karimah, kreatif, mandiri dan berwawasan luas. Tentu hal tersebut harus dipersiapkan secara sadar, cerdas dan terprogram oleh kita bersama. Yayasan Tunas Iblam menerapkan 5 ( lima pilar Pendidikan, yaitu Religius, Nasionalis, Berwawasan Global, Penguasaan Teknologi Informasi dan Ramah Lingkungan).

Kami sadar bahwa pendidikan harus terus menerus mengejar mutu, oleh karena itu saran dan partisipasi aktif akan sangat membantu mencapai kualitas mutu yang kami cita-citakan. Profil pendidikan ini akan membantu lebih memahami dan mengetahui pendidikan Tunas Iblam, bahwa paradigma setiap anak adalah bintang yang sanggup berkiprah, berprestasi dan bermanfaat, insya Alloh. Kami mohon doa dan dukungan semua komunitas pendidikan khususnya pemerintah dan masyarakat sehingga dapat terwujudnya generasi unggul di kota Depok yang kita cintai. Itu semua dalam rangka beribadah kepada Allah, robbul’alamiin. Semoga Allah Swt meridhoi perjuangan kami Amiiin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hj. Asri Mulyanita, SE.,MM.
Ketua Yayasan Tunas Iblam