Program Playgroup & TK

Selamat Datang di Tunas Iblam! Kami dengan gembira mempersembahkan program Playgroup dan Taman Kanak-Kanak (TK) kami yang dirancang khusus untuk memperkenalkan anak-anak pada dunia belajar dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Di sini, kami membangun fondasi kuat untuk masa depan cerah mereka, melalui pengalaman belajar yang menginspirasi dan mendidik.

Lihat Kurikulum
Waktu-Belajar-TK-Tunas-Iblam

Waktu Belajar

Pembelajaran dilaksanakan dengan sistem full day school dari pukul 08.00 sampai dengan 11.30 dari hari senin sampai jumat. Proses pembelajaran bukan hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas sesuai dengan materi yang dibahas dan diperbanyak pembelajaran langsung. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk selalu berpartisipasi aktif, mengembangkan kreatifitasnya dan dilatih untuk dapat memecahkan masalah sendiri.

Desain-Kelas-TK-Tunas-Iblam

Desain Kelas

Nama kelas menggunakan nama –nama mantan presiden Indonesia, hal tersebut dimaksudkan agar para peserta didik tahu para pemimpin bangsa dan tentunya akan menginspirasikan mereka menjadi pemimpin bangsa ataumenjadi orang yang berguna bagi bangsa. Hal tersebut akan mengacu anak menjadi terus berprestasi dan berprestasi. Desain kelas sedemikian rupa sehingga peserta didik termotivasi untuk senantiasa belajar,berakhlaq mulia dan tidak jenuh tinggal di kelas. Disamping itu desain kelas dilakukan dengan maksud :

1. Menfasilitasi proses pembelajaran sehingga peserta didik terlayani secara optimal, baik secara klasikal, kelompok

2. Mempertajam pemahaman konsep dalam pembelajaran.

Learning-Skill-TK-Tunas-Iblam

Learning Skill

Untuk mendukung suksesnya pembelajaran, peserta didik dibekali dengan keterampilan belajar (learning skill) sehingga peserta didik tahu dan mampu cara belajar yang baik dan efektif. Learning Skill yang mesti dikuasai peserta didik adalah speed reading (membaca cepat), mencatat efektif, teknik mengingat dan learning style (gaya belajar) dengan pendekatan Quantum Learning.

Pelatihan keterampilan belajar dilaksanakan pada waktu orientasi/reorientasi dan pembiasannya dilaksanakan secara rutin dalam KBM.

Assessment-TK-Iblam

Assessment

Seluruh data peserta didik baik behavioral, kognitif dan sikap, akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan penilaian perkembangan belajar dan perilaku anak. Bentuk – bentuk assessment yang diterapkan sejauh mungkin menjangkau, ketiga aspek di atas. Periode penilaian rapor dengan pola semester. Penilaian diperoleh baik dari tes tulis, tugas, portofolio ataupun produk

Guru pendamping yang berlatar belakang pendidikan agama sangat berperan dalam membentuk kepribadian peserta didik,setiap aktivitas peserta didik did lam kelas selalu termonitor oleh guru pendamping pada khusunya dan guru mapel/guru kelas pada umunya, form pengamatan yang mudah dan selalu terkomunikasikan dengan waka kepeserta didikan dan para orang tua mereka.

Outdoor-Story-TK-Tunas-Iblam

Outdoor Story

Penerapan konsep belajar langsung dengan sumbernya menjadi tujuan utama dalam kegiatan ini. Out door ini dilaksanakan dalam satu semester. Materi pokok mengacu dengan tema / bahasan ditiap-tiap mata pelajaran yang dikaitkan / dihubungkan dengan kehidupan sehari – hari. Dengan kata lain, Out door study diartikan belajar langsung pada sumbernya. Ini menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Halaman sekolah serta lingkungan sekolah dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa seperti kegiatan menanam, merawat tanaman, siswa diajak untuk mengamati, pertumbuhan tanaman tersebut sehingga akan menimbulkan keinginan dalam dalam riset, serta cinta kasih pada tanaman atau hewan.

Biah-Islamiyah-TK-Tunas-Iblam

Biah Islamiyah

Biah Islamiyyah senantiasa ditanamkan kepada siswa dalam keseharian di sekolah melalui program pembiasaan (habit forming). Jum’at bersih salah satu agenda, dimana pada hari tersebut siswa, guru, pegawai dibiasakan untuk hidup bersih sebagaimana kebersihan sebagian dari iman. Dengan demikian diharapkan siswa dapat mengamalkan nilai – nilai Islam dalam kehidupan sehari – hari maupun dalam hidup bermasyarakat.

Ekstrakurikuler-TK-Iblam

Ekstra Kurikuler

Kegiatan ini dikonsentrasikan di hari efektif pada jam KBM. Yayasan terus berupaya mengembangkan kegiatan ini agar lebih kreatif, efektif dan inovatif. Kegiatan ekstrakulikuler di TKNP Tunas Iblam adalah angklung, menari dan menari, melukis, komputer, PAI, B. Inggris dan renang.

Mengundang-Tokoh-TK-Tunas-Iblam

Mengundang Tokoh

Kegiatan ini dikonsentrasikan di hari efektif pada jam KBM. Yayasan terus berupaya mengembangkan kegiatan ini agar lebih kreatif, efektif dan inovatif. Kegiatan ekstrakulikuler di TKNP Tunas Iblam adalah angklung, menari dan menari, melukis, komputer, PAI, B. Inggris dan renang.

Father-and-Mothers-day-TK-Tunas-Iblam

Fathers-Mothers Day

Pelibatan orang tua dalam mensuport anak sangatlah diperlukan dan tidak mengenal area, Anak akan merasa didukung dalam mengejar mimpinya. Selain itu orang tua akan lebih peduli pada pendidikan anak dan sekolah. Hubungan yang sinergis anak, orang tua dan sekolah akan menjadikan hubungan yang saling mendukung dan menguntungkan, tentunya koreksi, dan kritik membangun dari orang tua dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menjadi input yang inspiratif dalam menciptakan kualitas pendidikan TK nasional Plus tunas Iblam.

Report-Tunas-Iblam

Progress Report & Rapor

Perkembangan dan hasil belajar berisi catatan hasil belajar peserta didik yang terdiri dari dua bentuk yaitu kuantitatif (angka) dan kualitatif (laporan deskriptif).

Orang tua akan diberi jadwal konsultasi dengan guru pendamping, guru kelas untuk menerima progress report tersebut dan membahas perkembangan peserta didik di sekolah maupun di rumah. Satu pekan setelah anak masuk laporan tersebut wajib dikembalikan kesekolah.