Unit Pendidikan SD

Sambutan Kepala Sekolah
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Syukur Alhamdulillah berkat karunia Allah SWT sehingga saya dapat menuliskan kata sambutan ini dalam rangka penerbitan website SD Nasional Plus Tunas Iblam Depok sebagai sarana informasi dan komunikasi up date sekolah ini melalui dunia maya. Untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terbitnya website ini, terutama kepada TIM IT dan Operator SD Nasional Plus Tunas Iblam Depok yang selalu berusaha meningkatkan layanan IT-nya.
Di era global dan pesatnya Teknologi Informasi ini, tidak dipungkiri bahwa keberadaan sebuah website untuk suatu instansi seperti halnya di SD Nasional Plus Tunas Iblam Depok sangatlah penting. Wahana website tersebut dapat digunakan sebagai sarana informasi dan komunikasi pihak sekolah dengan peserta didik, alumni, dan stake holder secara luas. Selanjutnya, website sekolah dapat berfungsi sebagai media pembelajaran yang memuat blog-blog yang dibuat oleh guru-guru. Di dalam blog tersebut guru dapat menuliskan berbagai artikel tentang pembelajaran atau materi penting pelajaran yang bersangkutan. Bahkan guru dapat memberikan tugas-tugas mandiri kepada peserta didik melalui blog yang disiapkan, sehingga akan menunjang kegiatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Selain itu juga website juga dapat menjadi sarana promosi sekolah yang cukup efektif. Berdasarkan hal tersebut saya harapkan nantinya berbagai kegiatan positip sekolah (intrakurikuler & ekstrakurikuler) dapat diunggah dari website SD Nasional Plus Tunas Iblam Depok, sehingga masyarakat dapat mengetahui kegiatan-kegiatan dan prestasi-prestasi yang telah berhasil diraih oleh SD Nasional Plus Tunas Iblam.
Akhirnya kami mengharapkan masukan dari berbagai pihak untuk website ini agar kami terus belajar dan meng-up date diri, sehingga tampilan, isi dan mutu website akan terus berkembang dan lebih baik nantinya. Oleh karena itu, saya memberikan dukungan sepenuhnya kepada TIM IT SD Nasional Plus Tunas Iblam Depok selaku pengelola website sekolah agar terus mengembangkan website dengan penuh semangat. Terima kasih atas kerjasamanya, maju terus untuk mencapai SD Nasional Plus Tunas Iblam Depok yang lebih Religius, Nasionalis, Berwawasan Global dan Menguasai teknologi informasi.
Wassalam mu’alaikum Wr. Wb.
Zainal Alam, SE.

Visi Dan Misi
VISI :
“Menjadi Sekolah yang Berorientasi pada Program Unggulan”
MISI :
Melaksanakan 5 Pilar Pendidikan yaitu :
- Religius
- Nasionalis
- Berwawasan Global
- Penguasaan Teknologi Informasi
- Ramah Lingkungan
Kurikulum
SD Nasional Plus Tunas Iblam sudah menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) dalam sistem pembelajarannya dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Dalam pelaksanaan tersebut, didukung oleh beberapa program yang menunjang pembelajaran yang diarahkan pada tematik dengan pendekatan scientific. Setiap materi yang diajarkan mengandung tiga aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Pembelajaran di Tunas Iblam akan lebih hidup dengan metode pembelajaran yang inovatif, dan kreatif serta mengarah pada Contextual Teaching Learning (CTL). Untuk lebih jelasnya dapat diuraikan sebagai berikut:
Kurikulum
1. Waktu belajar
Pembelajaran dilaksanakan dengan sistem full day school dari pukul 07.20 sampai dengan 14.45. Proses pembelajaran bukan hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas sesuai dengan materi yang dibahas dan diperbanyak pembelajaran langsung. Dalam proses pembelajaran, peserta didik diberi kesempatan untuk selalu berpartisipasi aktif, mengembangkan kreatifitasnya dan dilatih untuk dapat memecahkan masalah sendiri.
2. Desain Kelas
Nama kelas menggunakan nama –nama mantan presiden Indonesia, hal tersebut dimaksudkan agar para peserta didik tahu para pemimpin bangsa dan tentunya akan menginspirasikan mereka menjadi pemimpin bangsa ataumenjadi orang yang berguna bagi bangsa. Hal tersebut akan mengacu anak menjadi terus berprestasi dan berprestasi. Desain kelas sedemikian rupa sehingga peserta didik termotivasi untuk senantiasa belajar,berakhlaq mulia dan tidak jenuh tinggal di kelas. Disamping itu desain kelas dilakukan dengan maksud :
- Menfasilitasi proses pembelajaran sehingga peserta didik terlayani secara optimal, baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
- Mempertajam pemahaman konsep dalam pembelajaran.
3. Learning Skill ( Kegiatan Peserta didik )
Untuk mendukung suksesnya pembelajaran, peserta didik dibekali dengan keterampilan belajar (learning skill) sehingga peserta didik tahu dan mampu cara belajar yang baik dan efektif. Learning Skill yang mesti dikuasai peserta didik adalah speed reading (membaca cepat), mencatat efektif, teknik mengingat dan learning style (gaya belajar) dengan pendekatan Quantum Learning.
Pelatihan keterampilan belajar dilaksanakan pada waktu orientasi/reorientasi dan pembiasannya dilaksanakan secara rutin dalam KBM.
4. Assessment
Seluruh data peserta didik baik behavioral, kognitif dan sikap, akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan penilaian perkembangan belajar dan perilaku anak. Bentuk – bentuk assessment yang diterapkan sejauh mungkin menjangkau, ketiga aspek di atas. Periode penilaian rapor dengan pola semester. Penilaian diperoleh baik dari tes tulis, tugas, portofolio ataupun produk
Guru pendamping yang berlatar belakang pendidikan agama sangat berperan dalam membentuk kepribadian peserta didik,setiap aktivitas peserta didik did lam kelas selalu termonitor oleh guru pendamping pada khusunya dan guru mapel/guru kelas pada umunya, form pengamatan yang mudah dan selalu terkomunikasikan dengan waka kepeserta didikan dan para orang tua mereka.
5. Progress report dan Rapor
Perkembangan dan hasil belajar berisi catatan hasil belajar peserta didik yang terdiri dari dua bentuk yaitu kuantitatif (angka) dan kualitatif (laporan deskriptif).
Orang tua akan diberi jadwal konsultasi dengan guru pendamping, guru kelas untuk menerima progress report tersebut dan membahas perkembangan peserta didik di sekolah maupun di rumah. Satu pekan setelah anak masuk laporan tersebut wajib dikembalikan kesekolah.
Ekstrakulikuler (Ekskur)
Kegiatan ini dikonsentrasikan pada hari Rabu, dimana hari Rabu sore menjadi hari yang lebih menyenangkan, dibandingkan hari –hari sebelumnya. Yayasan terus berupaya mengembangkan kegiatan ini agar pelaksanannya lebih professional. Di era seperti ini networking, membuat jejaring menjadi hal yang harus ada, kerjasama demi kerjasama dirintis untuk memaksimalkan kualitas pendidikan khususnya kegiatan ekskur. Ekskur beladiri bekerjasama dengan Tim Taekwondo dan Tim Karate, Ekskur Seni bekerjasama dengan Sanggar Tari, Tim Lukis dan Tim Marawis. Selain itu, terdapat kegiatan Ekskur Pramuka yang merupakan kegiatan wajib dengan pengampu yang sudah mengikuti pelatihan KMD. Pengembangan, penataan manajemen ekskur terus menerus akan diupayakan agar potensi anak lebih tersalurkan dengan tetap mengacu pada 5 (lima) pilar.
Kegiatan ekstrakulikuler SD Nasional Plus Tunas Iblam terdiri dari :
- Pramuka ( Wajib )
- Karate
- Taekwondo
- Melukis
- Marawis
- Seni Tari
- Teater
Biah Islamiyyah
Biah Islamiyyah senantiasa ditanamkan kepada peserta didik dalam keseharian di sekolah melalui program pembiasaan (habit forming). Kamis bersih salah satu agenda, dimana pada hari tersebut peserta didik, guru, pegawai dibiasakan untuk hidup bersih sebagaimana kebersihan sebagian dari iman. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam hidup bermasyarakat. Adapun programnya sebagai berikut:
1. Takhfidz
2. Adz Zikro
3. Kegiatan Keputrian
Metode yang dipakai dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang dipimpin oleh setiap guru. Materi disampaikan dengan praktek/simulasi siswa.
4. Kegiatan di Masjid
- Pembentukan Laskar Masjid
Pergantian Laskar Masjid setiap seminggu sekali. Pada hari Senin Laskar Masjid mendapatkan pembekalan/pembinaan dari PJ Laskar.
- Pembuatan Jadwal Adzan, Imam, Tartil Al Quran
- Pembuatan Imam dan Khatib Jumat
- Pembuatan Jadwal Pemimpin Shalawat, Asmaul Husna, dan Tahlil
5. Kegiatan Remaja Putri
Kegiatan khusus untuk siswi yang sedang menstruasi/Haidh. Selama kurang lebih satu minggu/selama mereka haidh, pada hari Senin – Kamis ketika waktu shalat Dhuhur berjamaah peserta didik diberi tugas untuk membuat satu karya yang dapat dijadikan sebagai bahan Mading sekolah. Pada hari Jumat peserta didik yang sedang menstruasi/haidh mendapatkan materi khusus tentang seputar haidh/menstruasi oleh penanggungjawab kegiatan.
6. Kegiatan Halaqoh Guru
7. Kegiatan Wudhu
8. Agenda Kegiatan Tahunan
- Wisuda Takhfidz
- Perlombaan Religi
Out Door Study
Penerapan konsep belajar langsung dengan sumbernya menjadi tujuan utama dalam kegiatan ini. Out door ini dilaksanakan dalam satu semester. Materi pokok mengacu dengan tema / bahasan ditiap-tiap mata pelajaran yang dikaitkan / dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, Out door study diartikan belajar langsung pada sumbernya. Ini menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Halaman sekolah serta lingkungan sekolah dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik seperti kegiatan menanam, merawat tanaman, peserta didik diajak untuk mengamati, pertumbuhan tanaman tersebut sehingga akan menimbulkan keiinginan dalam dalam riset, serta cinta kasih pada tanaman atau hewan.
DATA ALUMNI ANGKATAN- 5 TAHUN AJARAN 2015/ 2016
NO | INDUK | NAMA | SEKOLAH LANJUTAN |
1 | 1011 01 001 | Abiyaz Emirfaad Hasyim | SMPN 13 DPK |
2 | 1011 01 002 | Aisya Cherrylia Humaira | SMP AVICENA |
3 | 1011 01 005 | Anindya Dyah Nugrahani | SMPIT NURURRAHMAN |
4 | 1011 01 006 | Aqila Syauqi Ma’rifat | SMPIT NURURRAHMAN |
5 | 1011 01 011 | Bazigha Pramudya | PESANTREN RUHAMA |
6 | 1011 01 014 | Fahd Haykal Abdalla | SMPN 211 JKT |
7 | 1011 01 017 | Intan Aulia Rahma | MTsN 41 JKT |
8 | 1011 01 018 | Kanaya Azzahra | MTsN 4 JKT |
9 | 1011 01 026 | Muhammad Dzaky Raihan Al Yaafi | SMPIT NURURRAHMAN |
10 | 1213 03054 | Muchammad Faizal Hafidz | SMPIT NURURRAHMAN |
11 | 1213 03 058 | Muhammad Alif Amrullah | SMPN 253 JKT |
12 | 1011 01 024 | Mu’taz Syahputra | SMP INSAN CENDEKIA |
13 | 1011 01 009 | Nafi’ Azzahra Fatih Hasanah | SMPIT NURURRAHMAN |
14 | 1011 01 040 | Naira Ayesha Medina Abidin | SMPIT UMMUL QURO |
15 | 1011 01 031 | Rafiqa Insani | SMPIT UMMUL QURO |
16 | 1011 01 035 | Rizky Arya Putra Razaan | SMPIT AL HAMIDIAH |
17 | 1011 01 036 | Vico Adli Narindra | SMP LABSCHOOL JKT |
18 | 1011 01 037 | Widyadhari Anggi Apta Syakirah | SMP BINTARA DPK |
19 | 1112 02 051 | Akira Muzakki Putra Zainufry | SMPN 211 JKT |
20 | 1011 01 007 | Arif Fadhillah | SMPIT AL HAMIDIAH |
21 | 1011 01 008 | Ayra Nazneen Ramadhani Simatupang | MTsN 4 JKT |
22 | 1011 01 012 | Deshifa Azzahra Maharani | SMPN 131 JKT |
23 | 1011 01 013 | Doly Felix Maulana | MTsN 4 JKT |
24 | 1011 01 015 | Fernaldy Andika Ekayafi | SMPN 85 JKT |
25 | 1011 01 019 | Khaira Nawra Cetiza | SMPIT NURURRAHMAN |
26 | 1011 01 020 | Khalif Rahman Fitra | SMPIT NURURRAHMAN |
27 | 1011 01 021 | Lina Zhafirah Hanafasya | SMPN 2 DPK |
28 | 1011 01 010 | Muhammad Afzal Syahrahman Abu Bakar | SMPN 2 DPK |
29 | 1011 01 023 | Muhammad Ihsan Setiadi | SMPN 166 JKT |
30 | 1314 04053 | Muhammad Setya Ihsan | SMP CITRA CENDEKIA |
31 | 1011 01 030 | Naufal Rizqullah Firdaus | SICC |
32 | 1011 01 027 | Nawra Nasha Sujono | SMPN 5 DPK |
33 | 1011 01 032 | Rania Hasna Afifah | SMPN 131 JKT |
34 | 1213 03 059 | Ryfa Fariska Hanifa | SMPIT MIFTAHUL ULUM |
35 | 1213 03053 | Shabrina Siti Fatilah Sayuti | SMPN 131 JKT |