Content Kurikulum TK

  • Waktu belajar

Pembelajaran dilaksanakan dengan sistem full day school dari pukul 08.00 sampai dengan 11.30 dari hari senin sampai jumat. Proses pembelajaran bukan hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas sesuai dengan materi yang dibahas dan diperbanyak pembelajaran langsung. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk selalu berpartisipasi aktif, mengembangkan kreatifitasnya dan dilatih untuk dapat memecahkan masalah sendiri.

  • Desain Kelas

Nama kelas menggunakan nama – nama pahlawan nasional, hal tersebut dimaksudkan agar para siswa tahu para pemimpin bangsa dan tentunya akan menginspirasikan mereka menjadi pemimpin bangsa atau menjadi orang yang berguna bagi bangsa. Hal tersebut akan mengacu anak menjadi terus berprestasi dan berprestasi. Desain kelas sedemikian rupa sehingga siswa termotivasi untuk senantiasa belajar berakhlaq mulia dan tidak jenuh tinggal di kelas. Disamping itu desain kelas dilakukan dengan maksud :

  1. Menfasilitasi proses pembelajaran sehingga siswa terlayani secara optimal, baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
  2. Mempertajam pemahaman konsep dalam pembelajaran.
  • Learning Skill (Kegiatan Siswa)

Untuk mendukung suksesnya pembelajaran, siswa dibekali dengan keterampilan belajar (learning skill) sehingga siswa tahu dan mampu cara belajar yang baik dan efektif. Learning Skill yang mesti dikuasai siswa adalah speed reading (membaca cepat), mencatat efektif, teknik mengingat dan learning style (gaya belajar) dengan pendekatan Quantum Learning.

Pelatihan keterampilan belajar dilaksanakan pada waktu orientasi/reorientasi dan pembiasannya dilaksanakan secara rutin dalam KBM.

  • Assessment

Seluruh data siswa baik behavioral, kognitif dan sikap, akan digunakan sebagai dasar untuk melakukan penilaian perkembangan belajar dan perilaku anak. Bentuk – bentuk assessment yang diterapkan sejauh mungkin menjangkau, ketiga aspek di atas. Periode penilaian rapor dengan pola semester. Penilaian diperoleh baik dari tes tulis, tugas, portofolio ataupun produk

Guru pandu yang berlatar belakang pendidikan agama sangat berperan dalam membentuk kepribadian siswa, setiap aktivitas siswa didalam kelas selalu termonitor oleh guru pandu pada khususnya dan guru mapel/guru kelas pada umumnya, form  pengamatan yang mudah dan selalu terkomunikasikan dengan waka kesiswaan dan para orang tua mereka.

  • Out Door Study

Penerapan konsep belajar langsung dengan sumbernya menjadi tujuan utama  dalam kegiatan ini. Out door ini dilaksanakan dalam satu semester. Materi pokok mengacu dengan tema / bahasan ditiap-tiap mata pelajaran yang dikaitkan / dihubungkan dengan kehidupan sehari – hari. Dengan kata lain, Out door study diartikan belajar langsung pada sumbernya. Ini menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Halaman sekolah serta lingkungan sekolah dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa seperti kegiatan menanam, merawat tanaman, siswa diajak untuk mengamati, pertumbuhan tanaman tersebut sehingga akan menimbulkan keinginan dalam dalam riset, serta cinta kasih pada tanaman atau hewan.

  • Biah Islamiyyah

Biah Islamiyyah senantiasa ditanamkan kepada siswa dalam keseharian di sekolah melalui program pembiasaan (habit forming). Jum’at bersih salah satu agenda, dimana pada hari tersebut siswa, guru, pegawai dibiasakan untuk hidup bersih sebagaimana kebersihan sebagian dari iman. Dengan demikian diharapkan siswa dapat mengamalkan nilai – nilai Islam dalam kehidupan sehari – hari maupun dalam hidup bermasyarakat.

  • Ekstra Kurikuler (Ekskur)

Kegiatan ini dikonsentrasikan di hari efektif pada jam KBM. Yayasan terus  berupaya  mengembangkan kegiatan ini agar lebih kreatif, efektif dan inovatif.  Kegiatan ekstrakulikuler di TKNP Tunas Iblam adalah angklung, menari dan menari, melukis, komputer, PAI, B. Inggris dan renang.

  • Mengundang tokoh

Mengundang tokoh akan mengaitkan dan mempertajam kurikulum yang telah diberikan di kelas dengan sumber – sumber langsung yang berkompetensi, yang akan memperkuat dan meluaskan wawasan belajar anak sekolah memiliki program bulanan mengundang tokoh dari beragam disiplin profesi dan keilmuan.

  • Fathers, Mothers Day

Pelibatan orang tua dalam mensuport anak sangatlah diperlukan dan tidak mengenal area, Anak akan merasa didukung dalam mengejar mimpinya.  Selain itu orang tua akan lebih peduli pada pendidikan anak dan sekolah. Hubungan yang sinergis anak, orang tua dan sekolah akan menjadikan hubungan yang saling mendukung dan menguntungkan, tentunya koreksi, dan kritik membangun dari orang tua dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menjadi input yang inspiratif dalam menciptakan kualitas pendidikan TK nasional Plus tunas Iblam.

  • Progress report dan Rapor

Perkembangan dan hasil belajar berisi catatan hasil belajar siswa yang terdiri dari dua bentuk yaitu kuantitatif (angka) dan kualitatif (laporan deskriptif).

Orang tua akan diberi jadwal konsultasi dengan guru pandu, guru kelas untuk menerima progress report tersebut dan membahas perkembangan siswa di sekolah maupun di rumah. Satu pekan setelah anak masuk laporan tersebut wajib dikembalikan kesekolah.