BERITA & ACARA

Bagaimana Cara Memilih TK Bilingual di Depok yang Bagus?

Oct 7, 2025

TK Bilingual di Depok menawarkan pendidikan awal yang menggunakan dua bahasa dalam proses belajar-mengajar. Hal ini sangat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan linguistik dan kognitif.

Pentingnya Bahasa Bagi Perkembangan Anak

Anak pada umumnya lebih mudah mengaktualisasikan dirinya dengan cara berkomunikasi. Bentuk-bentuk komunikasi terwujud dalam suatu percakapan, penguasaan bahasa, sapaan, tanya-jawab dan sebagainya. Dan biasanya ini menjadi suatu landasan dasar pada sebuah level pendidikan dasar dan usia dini.

Pada level tersebut, anak-anak berusia 2–6 tahun mengenal dan belajar dengan menggunakan bahasa Inggris. Caranya melalui metode lagu, mainan, dan demonstrasi sederhana. Selain bahasa Inggris, anak-anak juga belajar materi seperti pembentukan karakter, kemampuan hidup, menggambar, membaca Al-Qur’an (khusus Islam).

Selain itu ada juga beberapa kelas lainnya, seperti kelas sains, renang, olahraga, upacara mingguan, dan kelas memasak.

TK Bilingual atau Taman Kanak-kanak Bilingual adalah program pendidikan awal untuk anak-anak yang menggunakan dua bahasa dalam proses belajar-mengajar. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak-anak secara efektif sambil mempelajari materi kurikulum seperti di TK biasa.

Kelebihan TK Bilingual

Mengapa sebuah TK bilingual dapat terbentuk? Tentunya karena ada beberapa tujuan yang ingin kita peroleh dari hasil pembelajaran tersebut. Tujuan utamanya tentu adalah ingin menghasilkan anak-anak yang memiliki kemampuan berbahasa asing lebih awal. Sehingga dapat menggunakan kemampuannya tersebut pada tingkat yang lebih lanjut.

Sebagai contoh adalah inilah beberapa kelebihan TK bilingual di Depok yang dapat terangkum sebagai berikut:

Pengembangan Bahasa

Kehadiran TK yang menggunakan keterampilan dan pembelajaran dengan dua bahasa membuat anak-anak belajar dua bahasa secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan linguistik dan budaya mereka.

Kemampuan Kognitif

Belajar dalam dua bahasa dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, seperti memecahkan masalah dan berpikir kreatif. Kemampuan kognitif merupakan proses mental yang tergunakan untuk memperoleh pengetahuan dan memproses informasi.

Persiapan Global

Di era globalisasi, kemampuan berbahasa lebih dari satu bahasa sangat berharga untuk interaksi internasional. Sehingga ini akan menjadi aset intelektual bagi anak dengan mengantongi kemampuan berbahasa ini.

Ketiga kelebihan yang telah mendapatkan penjelasan tersebut di atas merupakan suatu rangkaian proses yang mengantar pada keberhasilan anak. Terutama keberhasilan dalam mengolah kemampuan kognitif anak, seperti memproses informasi dan menggunakannya untuk beraktivitas.

Pada sebuah TK bilingual, kemampuan kognitif sebagai proses dari pembelajaran bilingual dapat menghasilkan beberapa hal yang positif. Berikut ini adalah beberapa contoh kemampuan kognitif dalam penerapan kehidupan sehari-hari bagi anak-anak, yakni:

  • Kemampuan belajar dan mengingat. Dengan mengingat-ingat informasi yang mereka pelajari di sekolah atau pelatihan.

  • Kemampuan memecahkan masalah. Dengan kemampuan dalam memecahkan masalah (problem solving), anak dapat belajar menggunakan logika untuk menyelesaikan masalah matematis atau situasi tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

  • Kemampuan berkomunikasi. Menggunakan bahasa untuk menyampaikan pikiran dan memahami orang lain adalah kebutuhan dasar setiap manusia, dan juga terjadi pada anak-anak. Inilah salah satu keunggulan sebuah TK bilingual.

Program Bilingual Berbasis Pearson

Salah satu kelebihan TK bilingual adalah penggunaan pendekatan pembelajaran yang terstruktur untuk mendukung anak belajar dalam dua bahasa. Contohnya dapat dilihat pada TK Tunas Iblam, yang menerapkan program bilingual dengan kurikulum Pearson.

Program ini dirancang untuk membentuk kemampuan bahasa Inggris dan Indonesia anak secara seimbang, sambil memperkuat nilai karakter, kemandirian, serta kemampuan dasar anak usia dini. Kurikulum Pearson berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Melalui pendekatan ini, anak-anak tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga mengasah cara berpikir dan berinteraksi secara aktif dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Pertimbangan untuk Memilih TK Bilingual

Namun sebelum para orang tua berkehendak memasukkan anak ke TK bilingual, misalnya TK bilingual di Depok, maka perlu adanya banyak pertimbangan. Beberapa pertimbangan dalam memilih TK bilingual, antara lain:

Kebutuhan Bahasa

Pertimbangkan kebutuhan bahasa anak dan keluarga kita, meskipun anak masih berusia dini. Dengan menguasai beberapa bahasa sejak kecil, hal ini akan sangat membantu mereka di masa depan.

Metode Pengajaran

Sebelum memasukkan anak, penting untuk mencari tahu metode pengajaran di sekolah yang menggunakan bilingual dan bagaimana penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.

Dukungan untuk Orang Tua

Pastikan ada dukungan yang cukup bagi orang tua untuk memahami dan mendukung proses belajar anak di TK bilingual.

Kesimpulan

Secara sederhana dapat kita katakan bahwa memilih TK bilingual memerlukan pertimbangan matang. Karena perlu mempertimbangkan kebutuhan bahasa anak dan keluarga, metode pengajaran bilingual yang digunakan, serta dukungan bagi orang tua.

Pastikan TK memiliki kurikulum seimbang antara pembelajaran bahasa dan materi lainnya. Perhatikan juga kemampuan staf dalam mengajar secara bilingual dan interaksi dengan anak. Evaluasi lingkungan belajar yang mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak.

Dengan pertimbangan ini maka orang tua dapat memilih TK bilingual yang sesuai untuk mendukung perkembangan anak secara optimal dalam dua bahasa.

Secara singkat, memilih TK bilingual yang tepat akan membantu anak mempersiapkan diri menghadapi tantangan global, karena membuka peluang bagi mereka untuk berkembang dalam dua bahasa — seperti yang terdapat pada TK bilingual di Depok.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *