SEJARAH BERDIRI
Lembaga pendidikan adalah tempat yang memiliki fungsi mendidik putra-putri bangsa secara terencana, dinamis, dan kreatif; yang dilaksanakan secara holistic serta profesional edukatif. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita pendidikan nasional secara umum dan lembaga pendidikan tersebut secara khusus, serta anak didik secara optimal. Fungsi mendidik para siswa dilakukan dalam rangka mengembangkan, membina, dan meningkatkan potensi, kompetensi, dan bakat peserta didik.
Pengelolaan lembaga pendidikan sepatutnya dilakukan dalam/dengan kerangka-kerangka ilmiah, edukatif, dan relevan untuk mengembangkan dan meningkatkan peserta didik secara optimal, serta sekaligus menjadikan tolak ukur keberhasilan penyelengaraan fungsi dan lembaga pendidikan.
Sebagai seorang pendiri Bapak Dr. H. Edy Susanto,MH,MM,MA yang sangat peduli terhadap pendidikan telah lama memberikan sumbangsih pada Negara Republik Indonesia ini dengan mendirikan Sekolah Tinggi ilmu Hukum IBLAM program Sarjana dan Pasca Sarjana.
Kecintaan dan kepedulian terhadap masalah pendidikan tidak berhenti sampai disini, pada 10 Mei 2005, oleh notaris B. Wirastuti Puntaraksma,SH. bertempat di jalan Raden Sanim No 100, Tanah Baru Beji Depok mendirikan Yayasan Tunas Iblam yang bergerak pada bidang pendidikan, sampai saat ini Yayasan Tunas Iblam telah memiliki dua lembaga Taman Kanak–Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD)
Pendirian Yayasan Tunas Iblam ini dilatar belakangi oleh semakin pesatnya perkembangan era globalisasi yang meliputi perkembangan tekhnologi informasi dan budaya hidup yang tentunya sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan anak didik, selain itu badan penyelenggara menaruh harapan bahwa kelak anak-anak Indonesia mampu bersaing di era global internasional dan menjadi pemimpin yang memilki wawasan luas, berfifir kritis dan berwasan luas seperti yang di pesankan oleh Rasulullah SAW ’Didiklah anak-anakmu dengan pendidikan yang baik , karena kelak ia akan hidup dijaman yang berbeda denganmu“.
TUNAS IBLAM mengimplementasikan kurikulum nasional, sebagaimana SD NASIONAL PLUS TUNAS IBLAM mengimplementasikan kurikulum dengan memperhatikan peraturan pemerintah yang mengatur standarisasi kurikulum 2013 (K-13) dengan berbagai pengayaan pembelajaran tematik dan dengan melakukan beberapa pendekatan scientific antara lain: Active Learning, Moving Class, Cooperatif and Colaborative learning dengan dinamika kelompok yang menunjang joyfull learning, shingga anak menikmati pembelajaran dalam full Day School.
Selain itu di Tunas Iblam juga di terapkan pembelajaran dengan sistem semi pesantren dengan program Biiah Islamiyah yang meliputi : Adzikro, Mengaji pagi, Pendidikan Agama Islam/ Dirosah Islamiyah, Tahfiz Alqur’an dengan terget minimal 1 juz dalam 1 tahun yang di integrasikan kedalam proses pembelajaran dikelas maupun di masjid.
PLAY GROUP DAN TAMAN KANAK-KANAK TUNAS IBLAM mengimplementasikan kurikulum nasional yaitu kurikulum 2013. Selain dari itu Tunas Iblam juga melakukan proses pembelajaran Be One Center And Circle Time (BCCT) dengan penekanan pada metode pembelajaran yang berpusat pada anak dan pembelajaran yang menyenangkan ( Joyfull learning ).